[Artikel Bisnis Indonesia] Ketimpangan ekonomi

Arsitek dan pembangunan daerah
January 31, 2017
Gerakan #dosenitunulis
February 15, 2017
Show all

http://surabaya.bisnis.com/read/20170202/94/93848/akademisi-minta-pemerintah-kompeherensif-atasi-ketimpangan-ekonomi

Bisnis.com, MALANG—Rencana pemerintah mengeluarkan kebijakan pemerataan ekonomi melalui redistribusi aset perlu sinergi paralel dengan kebijakan lain.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Dias Satria menegaskan masalah ketimpangan pendapatan harus menjadi fokus kebijakan pemerintah. Tingginya gini rasio merupakan refleksi buruknya peran pemerintah dalam meredistribusi pendapatan dan memberikan akses pada masyarakat miskin.

“Oleh karena itu hal mendasar yang harus dilakukan adalah fokus pada kebijakan penerimaan negara khususnya pajak karena pajak punya peran redistribusi pendapatan melalui alokasi anggaran yang pro-poor. Di Indonesia, potensi sektor pajak masih harus dioptimalkan,” katanya di Malang, Kamis (2/2/2017).

Hal yang harus dioptimalisasi, kata dia, fokus pada kemiskinan di lokasi urban atau perkotaan. Karena itulah perlu ada kebijakan khusus yang memberikan kesempatan bagi unskilled labour atau tenaga kerja tidak berkeahlian untuk dapat masuk ke tenaga kerja. bisa dengan pendidikan vokasi maupun pelatihan untuk bidang-bidang tertentu.

Terkait pembagian lahan harus diikuti dengan peningkatan capacity building. jangan sampai, lahan tersebut tidak termanfaatkan secara optimal. artinya harus dilengkapi supporting facilities untuk lahan. semisal teknologi, bibit dan capacity building untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Dia mengkui, memang saat ini masalah lahan adalah masalah mendasar di sektor pertanian dan perkebunan, namun harus dipahami produktivitas di sektor agraris di Indonesia masih belum optimal. Belum lagi ditambah masalah tata nilai rantai nilai yang masih belum optimal.

Artinya, pembagian lahan dapat optimal termanfaatkan jika seluruh aspek tersebut disiapkan. Edukasi dan capacity building di bidang SDM sektor pertanian menjadi mendesak dilakukan.

Dias Satria
Dias Satria
Dias Satria, Research field :Economic development, international trade, Banking and small/medium enterprise Email. dias.satria@gmail.com Mobile Phone. +62 81 333 828 319 Office Phone. +62 341 551 396

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *