[artikel] Radar Malang – Kuartal II, Ekonomi Masih Lesu

Investor Gathering 2016
March 17, 2016
[artikel] Bisnis Indonesia – Deflasi April 2016
May 6, 2016
Show all

MALANG KOTA – Memasuki kuartal II 2016, pertumbuhan perekonomian Kota Malang sepertinya belum mencapai target yang ditentukan. Bahkan, pada triwulan I lalu tercatat adanya penurunan sebesar 0,2 persen dari target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen.

Penurunan itu salah satunya karena belum adanya campur tangan peran pemerintah untuk terus mendorong perekonomian. ”Supaya ekonomi terus maju, harus ada connectivity antara pemerintah dengan rakyat,” kata pengamat ekonomi dari Universitas Brawijaya (UB) Malang Dias Satria SE MAppEc PhD pada Jawa Pos Radar Malang.

Dia mengatakan, ada empat hal utama untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian suatu wilayah. Di antaranya kelembagaan, infrastruktur, pendidikan dan kesehatan, dan modal sosial (social capital).

Kelembagaan, lanjut Dias, dilihat dari sisi kepemimpinan wilayah tersebut. ”Selama ini belum terlihat pemimpin yang lincah untuk mendorong perekonomian,” jelasnya. Hal itu menjadi sebuah catatan penting, karena melihat ekonomi sekarang yang belum stabil.

Saat ini, lanjut dia, Pemkot Malang memang sedang gencar untuk mewujudkan ekonomi kreatif. Salah satunya dengan mencanangkan komite ekonomi kreatif. ”Harus ada kolaborasi intelektual agar berjalan seimbang,” tuturnya.

Selanjutnya yang kedua yaitu berasal dari segi infrastruktur. Dias mengungkapkan, jalan raya di Kota Malang sudah bagus dan memenuhi pembangunan kota. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa hal itu akhirnya memicu kemacetan di beberapa titik. ”Masyarakat belum mempunyai kesadaran untuk menggunakan transportasi publik,” ucap dia.

Oleh karena itu, dia mengharapkan agar pemerintah harus lebih proaktif untuk menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menggunakan transportasi umum. ”Untuk saat ini, cara pemerintah belum maksimal,” imbuhnya.

(fis/c2/lia)

Dias Satria
Dias Satria
Dias Satria, Research field :Economic development, international trade, Banking and small/medium enterprise Email. dias.satria@gmail.com Mobile Phone. +62 81 333 828 319 Office Phone. +62 341 551 396

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *