[Skripsi] Bagaimana mencari ide skripsi Pak?

Tugas Ekonomi Digital (2-weeks break)
February 6, 2019
Bagaimana menilai ekonomi sebuah bangsa (link) dari data “internasional”
February 10, 2019
Show all

Bagaimana mencari ide skripsi Pak?

Baca jurnal penelitian, jangan baca bobo apalagi “Hai”. pilih beberapa jurnal penelitian yang kamu rasa menarik, kemudian cari jurnal-jurnal lain yang “se-tipe, se-ide, se-topik” kemudian kumpulkan beberapa penelitian “se-tipe, se-ide, se-topik”, baca lagi berulang-ulang. Baru kemudian pelan-pelan fikirkan kira-kira apa research gap yang akan kamu angkat untuk skripsi kamu. Research gap adalah perbedaan (atau keunikan) penelitian kamu dengan penelitian sebelumnya.

Ide-ide yang terlalu liar adalah ketika kamu melihat di media TV, media sosial, media koran kemudian langsung semangat menulis skripsi. Bisa jadi, ide-ide yang keluar dari sana sulit untuk bisa diterjemahkan menjadi skripsi. Ide itu mungkin untuk dilanjutkan menjadi skripsi, ketika kamu mendapatkan beberapa literatur pendukung yang terkait dengan ide tersebut. Ga Percaya, silahkan dilanjutkan idenya.

Ide skripsi itu, harus dipikirkan langsung: literatur (penelitian terdahulu) banyak, datanya (sekunder) sudah tersedia, model penelitian (ekonometrika) dari penelitian terdahulu sdh established, bidang yang dipilih sesuai dengan passion kamu, nah.. minimal 4 hal ini ada, inshaAllah beres skripsinya. 

Artinya, jangan langsung semangat mengerjakan skripsi kalau tahapan awal ide ini belum beres kamu pikirkan dengan baik. Seperti lari Marathon, jangan forsir tenaga didepan untuk cepet finish ketika lari. Tapi sebelum start anda sudah mempersiapkan fisik dengan baik, berdoa, dan juga patuh pada orang tua :D. #faqskripsi

Dias Satria
Dias Satria
Dias Satria, Research field :Economic development, international trade, Banking and small/medium enterprise Email. dias.satria@gmail.com Mobile Phone. +62 81 333 828 319 Office Phone. +62 341 551 396

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *