PhD #2

PhD #1
August 20, 2014
PhD #3
August 20, 2014
Show all

Kemudian bagaimana saya bisa nyasar di UofA dan meneliti tuna?

Menjadi calon mahasiswa PhD itu seperti memancing. Menebar umpan sebanyak-banyaknya, berharap ada ikan yang mengambil. sambil sesekali mereview umpan yang kita lempar. teori sederhanannya. semakin banyak umpan yang dilempar, kemungkinan akan semakin banyak mengundang ikan yang datang. meski kita juga harus mereview, apakah umpan yang dilempar adalah yang memang disukai oleh ikan.

Teringat presentasi Dr Elvia Shauki, sebuah tulisan akademik itu at least harus punya 3 checklists ini: Unique, Rigour dan Significance. Jadi, untuk membuat sebuah karya tulis, proposal dll selalu ingatlah tiga checklists ini.

Namun saya punya cerita yang berbeda terkait dengan bagaimana saya melempar umpan dan mendapatkan supervisor.

Pertama, umpan saya ke seluruh professor di Eropa dan Australia sepertinya kurang diminati.

Namun, saya mendapatkan Letter of Acceptance (LOA) dari Prof. Michael Reed (University of Kentucky, disingkat UK. Lexington USA) disebabkan karena pada saat beliau berkunjung ke Universitas Brawijaya, dan saya ditunjuk untuk menjadi operator presentasi beliau. pada saat itu Prof Reed memberikan kuliah tentang SPSS dan Statistik. Dari perkenalan itulah saya juga berkesempatan short visit (2 bulan) ke UK untuk pelatihan scientific writting. Bermodalkan LOA inilah yang membuat saya percaya diri untuk melamar Fulbright dan Dikti. Namun takdir berkata lain, saya kalah kompetisi dengan kolega saya untuk beasiswa ini, dan saya tidak berangkat ke Amerika untuk PhD.

 

Dias Satria
Dias Satria
Dias Satria, Research field :Economic development, international trade, Banking and small/medium enterprise Email. dias.satria@gmail.com Mobile Phone. +62 81 333 828 319 Office Phone. +62 341 551 396

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *