PhD #5

PhD #4
August 20, 2014
PhD #6
August 21, 2014
Show all

Kemudian, bagaimana memilih sebuah tema? memilih sebuah rumusan masalah, dan menjadikannya sebagai sebuah judul thesis?

Sulit untuk menjawab harus mulai dari mana?

Hal pertama yang ingin saya sampaikan adalah apa yang saya rencakan dengan proposal yang dibuat pada saat melamar PhD (pada saat di Indonesia), jauh berbeda dengan yang saya lakukan saat ini dengan thesis saya.

Pada saat mengirimkan proposal, tema yang saya pilih adalah “perdagangan internasional” khususnya mengambil barang-barang sektor pertanian. Namun, saat saya bertemu supervisor saya pertama kali, beliau menyarankan saya untuk memikirkan kembali tema yang saya pilih.

Beberapa bulan beradaptasi di Adelaide, dan struggeling dengan hal-hal yang sifatnya non-akademis (mencari tempat tinggal, isi rumah, mobill dll), akhirnya saya menyampaikan beberapa options untuk dijadikan tema penelitian, antara lain:

  1. Masalah sapi di Indonesia, khususnya daya saing peternak lokal dan ancaman globalisasi.
  2. Masalah kemiskinan.
  3. dan inflasi volatile foods.

Namun pada saat saya menyampaikan tema-tema penelitian tersebut, rasanya seperti mentah dan tidak ada arah tujuan kemana penelitian ini akan saya nakhodai. Dan pada saat itu pun, supervisor saya belum memberikan sign positive apa yang akan menjadi tema penelitian saya. Jadi intinya memang tema penelitian ini belum mengerucut, hendak kemana arah penelitian ini.

Hingga akhirnya saya menemukan titik terang dengan secara tidak sengaja menyebutkan TUNA. Adelaide adalah salah satu penghasil tuna terbesar, bahkan mendengar cerita salah satu permanent residence (PR) di Adelaide, Pak Kodi, bahwa supply chain tuna begitu efisien. beliau kebetulan bekerja di salah satu perusahaan cargo ternama, yang setiap tahunnya mengurusi pengiriman tuna dari adelaide ke Jepang menggunakan air frieght.

Belum lagi kalau ke Central market, harga tuna mencapai $40/kilograms.

Di Jawa Timur, khususnya malang, saya teringat tuna di sendang biru. karena setiap bermain kesana, kami selalu mencicipi masakan tuna bakar khas lokal. Belum lagi saya punya kenalan salah satu local traders, mas yahya, yang turun temurun memiliki bisnis tuna di hampir seluruh wilayah di jawa timur. Sehingga saya pikir, hal itu akan membantu saya untuk melakukan survey dan menceritakan pada supervisor, apa yang terjadi di sektor ini.

Dan ketika saya memunculkan tuna pada supervisor saya, beliau seperti memiliki interest yang sama untuk menggunakan tema ini kedalam thesis saya. Namun, kembali lagi, pertanyaan sama muncul. bagian apa dari tuna yang ingin diteliti? meski menarik tema penelitian ini belum berbentuk, belum mengerucut.

Dias Satria
Dias Satria
Dias Satria, Research field :Economic development, international trade, Banking and small/medium enterprise Email. dias.satria@gmail.com Mobile Phone. +62 81 333 828 319 Office Phone. +62 341 551 396

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *