Presentasi #30hari_skripsi

Struktur Skripsi #30hari_skripsi
August 27, 2014
#Maju_bersama Mahasiswa Kota Malang
September 29, 2014
Show all

Presentasi

Dias Satria

Presentasi karya tulis merupakan saat yang penting untuk menjelaskan kepada tim penguji atau audience tentang isi karya tulis yang kita buat. Presentasi juga menentukan penilaian baik dan buruknya karya tulis yang telah dibuat oleh mahasiswa. Oleh karena itu persiapan yang matang sangat dibutuhkan untuk merancang presentasi yang baik.

Hal yang seringkali dilupakan oleh mahasiswa ketika menjalani proses penyelesaian tugas akhir adalah persiapan yang kurang atas presentasi. Hal ini mudah difahami karena biasanya mereka menghabiskan hampir keseluruhan energinya untuk menyelesaikan tulisan-tulisan dalam skripsi. Akibatnya, mahasiswa tidak mendapatkan hasil yang maksimal dalam ujian kompre meski tulisan dalam skripsinya sangat baik.

Dalam presentasi, mahasiswa dituntut untuk dapat merangkum hasil tulisan secara ringkas, jelas dan padat. Mereka juga diharapkan dapat menampilkan performa yang baik, menyangkut : isi yang dibawakan, tampilan presentasi, gesture tubuh, eye contact maupun penguasaan diri.

Berkaitan dengan isi yang dibawakan, presentasi diharapkan dapat benar-benar mensarikan mana-mana saja informasikan yang sangat penting untuk ditampilkan. Hal ini menyangkut juga bagaimana presenter dapat mempersiapkan isi presentasi dengan alur yang baik dan tidak membosankan. Satu hal yang diperhitungkan berkaitan dengan isi yang dibawakan, presenter diharapkan tidak mengeluarkan atau memaparkan materi-materi diluar koridor skripsi serta tidak melemparkan “bola panas” atau statement-statement yang meragukan dan menimbulkan pertanyaan yang sulit.

Selanjutnya adalah komponen tampilan presentasi, yaitu bagaimana presenter dapat mendesign setiap slides dalam presentasi secara menarik. Hal ini menyangkut pemilihan kontras warna, pilihan font yang tepat serta background yang mendukung.

Dalam komponen gesture tubuh dan eye contact, penyaji diharapkan dapat membawakan presentasi dengan kontrol volume yang cukup. Selain itu, kepercayaan diri yang penuh juga harus dipupuk agar dapat membantu menciptakan performa yang baik.

Terakhir, penguasaan diri. Dalam menciptakan penguasaan diri yang baik, tentu saja harus dibekali dan dipersiapkan dengan sering mereview atau membaca tulisan dalam skripsi, serta menambah membaca dan memahami literatur-literatur yang digunakan dalam tulisan.

HAL LAIN YANG PENTING

Presentasi merupakan bagian hampir akhir dalam proses penyelesaian tugas akhir, dalam tahapan ini penyaji diharapkan dapat mempersiapkannya dengan baik sehingga para penguji dapat lebih diyakinkan terhadap baik tidaknya performa kita.

Dalam presentasi, tentu saja penyaji harus semaksimal mungkin menguasai isi slides yang dibuat. Selain itu, penyaji juga diharapkan dapat hafal urutan-urutan serta penjelasan dalam slides. Namun sebisa mungkin flow dari style presentasi juga harus diusahakan senatural mungkin, dengan diimbangi eye contact dan gesture tubuh yang tepat.

Berikut akan dipaparkan beberapa hints yang mungkin dapat membantu memperlancar presentasi, yaitu:

• Gunakan kartu kecil sebagai “notes” atau pengingat penjelasan presentasi.

• Mulailah mempersiapkan presentasi sedini mungkin.

• Diulang, diulang dan diulang latihannya.

• Mengerti secara menyeluruh presentasi anda akan dapat mengontrol “nervous”

• Lihatlah audience atau penguji.

• Pastikan waktu presentasi sesuai dengan yang dijadwalkan.

• Ambil nafas panjang, karena nafas panjang akan mengurangi nervous.

 

Dias Satria
Dias Satria
Dias Satria, Research field :Economic development, international trade, Banking and small/medium enterprise Email. dias.satria@gmail.com Mobile Phone. +62 81 333 828 319 Office Phone. +62 341 551 396

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *