Presiden PPIA South Australia

PhD #6
August 21, 2014
Intermezzo
August 22, 2014
Show all

[youtube]https://www.youtube.com/watch?v=RXAmIP9tnYM[/youtube]

Salah satu pengalaman paling mengesankan ketika di South Australia adalah menjadi presiden Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) South Australia (SA).

Banyak hal yang saya dapatkan manfaatnya ketika menjadi presiden PPIA SA, menambah teman dan networking, bisa bertemu dubes Indonesia untuk Australia dan berdiskusi, berlatih organisasi, berlatih mengatur jadwal dan belajar mencari manfaat untuk kepentingan masyarakat.

Bagi saya pribadi, persaudaraan dan persatuan diatas segalanya. Dan hal inilah yang saya yakini menjadi tujuan saya berorganisasi. meski pada perjalanannya, terjadi friksi-friksi namun saya selalu berusaha untuk memilih pilihan-pilihan yang tidak banyak mengorbankan persatuan, termasuk memerangi upaya-upaya menghancurkan persatuan.

Saya akan sharing bagaimana saya memimpin PPIA SA. More info about PPIA SA 2013 bisa dilihat di tautan berikut ini: http://ppi-southaustralia.jimdo.com

Karena saya terlahir sebagai ekonom, sisi financial menjadi awal pembicaraan ini. karena teori money led growth. hehehe atawa ga ada duit, ga ada kegiatan.

Secara umum, PPIA SA periode kami berhasil meraih pendapatan AUD$12.000, sebuah nilai yang tidak sedikit bahkan 4 kali lipat dari jumlah cash yang kami terima dari periode sebelumnya. Dan, nominal tersebut kami dapatkan dari berbagai strategi.

Pertama, menabur umpan lewat proposal-proposal yang kami buat ASAP setelah kami terpilih. waktu yang dibutuhkan untuk membuat proposal adalah 2 jam, dan dilanjutkan dengan makan bersama pengurus PPIA SA.

Kedua, menjual merchandise khususnya sweater, polo shirt, kaos dll.

Ketiga, Donasi dan sumbangan komunitas permanent residence (AIA dan Individu).

Dengan modal proposal dan kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan inilah kami mulai bekerja untuk mengorganize events, dan stakeholders yang paling penting dalam membuat events adalah partisipasi teman-teman pelajar. Dari sinilah saya belajar bagaimana membuat sebuah events yang bagus, dan bermanfaat, dan memulainya sambil belajar ilmu branding.

Maka dari itu, hal pertama yang saya buat untuk membranding PPIA SA adalah membuat logo yang mudah dikenal.

PPIA SA logo

Hal terpenting memimpin sebuah organisasi adalah:

“….Bunuh perasaan bahwa orang lain tidak memihak kita, tidak membantu kita, tidak mensupport kita, tidak menyukai apa yang kita lakukan… yang terpeting adalah kekuatan hati untuk mencapai tujuan, untuk mengeksekusi apa yang sudah menjadi rencana serta kekuatan hati untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sudah direncakan. Apapun rintangannya, harus kita hadapi dengan sabar, istiqomah, dan semangat bahwa insyaAllah bala bantuan akan datang jika kita stick pada apa yang kita anggap baik…”

“….organisasi pelajar adalah organisasi volunteers, sehingga kita tidak bisa memaksa kehendak kita, tidak bisa menyalahkan jika orang lain tidak melakukan kewajibannya.. karena sejatinya mereka pun memiliki tanggung jawab diluar sana, seperti mengerjakan assignment, bersama keluarga, menyiapkan ujian dll…”

“…sebagai pemimpin, kita dituntut untuk tidak mudah menyerah, tidak mudah berkeluh kesah… karena proses ini merupakan proses terpenting dalam membangun kepribadian kita, untuk jadi manusia yang tangguh dan tidak mudah menyerah….karena hal inipun yang bisa menginspirasi komunitas pelajar utk juga semangat dan tidak mudah menyerah.”

“…banyak hal-hal penting yang harus kita harmonisasikan, khususnya dalam hubungan pertemanan didalam organisasi. karena ancaman friksi sangatlah besar, dikarenakan tanggung jawab organisasi yang cukup membuat stress dan menyita waktu… solusinya adalah sabar, menerima setiap keadaan, dan selalu menyerukan semangat kebersamaan… bahkan moment kebersamaan ini bisa kita bumbui dengan bercanda, makan bareng, ngopi bareng dan saling support….”

“…tidak banyak orang-orang yang dipilih dalam organisasi akan bekerja aktif untuk PPIA, namun dalam perjalanannya kita bisa melihat siapa saja yang memiliki tanggung jawab dan mau capek bekerja untuk organisasi. orang-orang inilah yang selalu kita maintain dengan baik, dan kita jaga benar-benar hubungannya, agar long lasting dan ikut memiliki organisasi ini bersama-sama…saya bersyukur dipertemukan Allah swt dengan orang-orang hebat yang punya tanggung jawab yang tinggi, mau bekerjasama, mau bekerja keras dan punya tujuan yang sama tentang PPIA kedepan…”

“…cara efektif agar orang lain membantu kita bekerja adalah dengan mengerjakannya, … jika anda menginginkan orang lain mengangkat kursi, mulailai mengangkat kursi, jika anda menginkan orang lain melipat karpet, mulailah dengan melipat karpet.. jadi intinya adalah mulailah..”

“…percaya diri, bekerja dengan semangat, lakukan…lakukan….lakukan…”

“…selalu apresiasi hasil kerja teman-teman kita, ucapkan terima kasih, mohonkan maaf…ulang-ulang, terus…”

Ini adalah foto rekan-rekan pengurus PPIA SA semoga apa yang telah kawan-kawan kontribusikan untuk pelajar Indonesia di SA bisa menjadi amal yang baik, amin.

image

Dias Satria
Dias Satria
Dias Satria, Research field :Economic development, international trade, Banking and small/medium enterprise Email. dias.satria@gmail.com Mobile Phone. +62 81 333 828 319 Office Phone. +62 341 551 396

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *