Press Conference Artcofest

Manajemen Risiko Bank dan Pasar Modal
August 26, 2019
Show all

ARTCOFEST

Artcofest merupakan event kolaborasi kopi yang diinisiasi oleh Bank Indonesia bekerjasama dengan Universitas Brawijaya dan Penggiat Kopi Malang Raya (Petani, Coffee Shop, Roastery, Pemerintah Daerah dan Media).

Bank Indonesia memiliki visi besar memajukan salah satu komoditas lokal yang berorientasi ekspor, yaitu kopi. sebagai salah satu upaya memperbaiki current account defisit Indonesia (defisit ekspor). dengan semakin baiknya kualitas kopi lokal dan permintaan terhadap kopi Indonesia, maka diharapkan dapat memperbaiki kesejahteraan para pelaku didalamnya, utamanya Petani.

Event ini akan menghadirkan para petani-petani binaan BI Malang dan Jawa Timur, yang secara tidak langsung event ini ikut membantu mereka dalam mempromosikan beans (biji kopi) yang mereka hasilkan.

Dalam hal ini Jagoan Indonesia sebagai creative consultant, dan J Entertainement sebagai Event Organizer.

Event ini akan jadi sebuah event kopi pertama yang mengangkat sebuah kolaborasi dengan “seni” karena Seni punya kekuatan dalam menciptakan sebuah nilai tambah bagi kopi, serta penyatu kopi dengan industri-industri lainnya (UMKM).

Dalam event ini akan diselenggarakan serangkaian event, antara lain:
1. Art exhibition
2. Coffee Gallery
3. Coffee MArket
4. Sunmory (sunday morning ride) yang di organize oleh Malang Brompton Lovers
5. Seminar
Coffee talks (Diskusi dengan pemilik warung kopi, anggota DPR dan Ekonom UB)
Business talks (Diskusi dengan payement online dan Bank Indonesia QRIS)
6. Malang Brewers Competition dengan standar Internasional (WBRC)
Ada 10 Juri, dimana 5 berasal dari Malang dan 5 Berasal dari Jakarta dan Surabaya.
Hanya dibatasi 18 Peserta.
7. Live Art (Show Seni)
Pembuatan Keramik oleh seniman lokal “Its a ceramic”
Lukisan dengan scrible-art dan ampas kopi
8. Esspreshort talks (Diskusi ringan)
Branding dan Packaging (oleh Papang Kingdom pembuat Maskot Kota Malang Osiji)
Photography (oleh Alex Setiawan)
Roasting Science (Mas Iwan Inikopi)
9. Launching Buku Kopi “Sains Kopi Nusantara”, Dosen-dosen Universitas Brawijaya. Salah satunya adalah Wenny B. Sunarharum, PhD
10. Ada kompetisi Foto “Art Photo Contest” kolaborasi dengan Kondimen Malang.

Dalam kompetisi ini akan diadakan kompetisi “Manual Brew” dengan standar internasional (WBRC). Hal ini dilakukan untuk mencetak bibit-bibit baru Barista Lokal dan juga menghadirkan sebuah “ambience” dunia atas kopi-kopi lokal Indonesia yang berkualitas.

Artcofest menghadirkan seluruh stakeholders kopi untuk saling mengenal satu dengan yang lain, sehingga diharapkan dalam event ini dapat dipertemukan para pecinta kopi, dengan petani, akademisi kopi, roaster, barista, coffee shop dan pedagang.

Kami ingin Artcofest menjadi sebuah festival yang mengangkat seluruh potensi lokal yang ada, seperti: seniman lokal, desain grafis lokal, roaster lokal, petani lokal, coffee shop lokal dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk mengangkat potensi lokal yang ada, dan menjadikannya sebagai kekuatan baru ekonomi lokal.

Semoga kopi indonesia dapat lebih berjaya, dan Artcofest menjadi sejarah baru bagi majunya industri kopi lokal untuk berjaya.

 

4 November 2019
Amstirdam Mergan Malang

 

Dias Satria

Dias Satria
Dias Satria
Dias Satria, Research field :Economic development, international trade, Banking and small/medium enterprise Email. dias.satria@gmail.com Mobile Phone. +62 81 333 828 319 Office Phone. +62 341 551 396

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *