[Read this] Skripsi: Pendahuluan

Banyuwangi Tourism
May 27, 2017
Menulis BAB 1 Pendahuluan
August 13, 2017
Show all

Dalam setiap pertarungan, hasil akhir menjadi hal yang menentukan sebuah kemenangan. Sama halnya dengan penyelesaian skripsi yang menentukan kelulusan seorang mahasiswa sebagai sarjana.

Berangkat dari hal ini, maka persiapan diri untuk menyelesaikan skripsi harus menjadi prioritas yang harus dipersiapkan dengan matang. Tentu saja dengan tidak mengindahkan proses yang penting dalam proses belajar mengajar selama beberapa tahun di bangku kuliah.

Dalam hal ini persiapan mental dan perencanaan yang baik harus menjadi target seorang mahasiswa untuk sukses skripsi.

Gambar 1 Jadilah pribadi yang semangat, pekerja keras dan positif

Penjelasan: Dalam proses penyelesaian skripsi (tugas akhir), pribadi yang positif, semangat dan pekerja keras sangat membantu dalam proses pengerjaan karena mampu membangkitkan energi dan motivasi untuk konsisten menyelesaikan tugas akhir.

Meski penyelesaian skripsi adalah hal yang penting menentukan kelulusan, namun proses penyelesaiannya pun tidak harus dilalui dengan “ketakutan” dan “kesedihan”. Skripsi sebagai sebuah bentuk karya tulis akademik memiliki template dan model yang dapat dipelajari dengan mudah. Sehingga tugas kita sekarang adalah mempelajari dahulu penyiapannya sebelum memulai skripsi, atau dengan kata lain kita perlu berlatih sebelum bertanding.

Buku ini dirancang untuk memberikan sebuah pemahaman yang menyeluruh terkait dengan penyelesaian tugas akhir, dari pencarian ide, mengolah sumber pustaka (literature review), mengolah data hingga menuliskan hasil penelitian dan implikasi kebijakan. Selain itu, buku ini juga akan menyelipkan beberapa alat (tools) untuk membantu mengelola bahan pustaka, menganalisis data dengan alat statistik dan ekonometrika serta menggunakan “styles” dalam Microsoft word untuk memudahkan pembuatan daftar isi.

Dengan sebuah keyakinan yang besar, dan pengalaman membimbing skripsi serta melewati penyelesaian thesis S2 dan disertasi S3, maka banyak lesson learned yang dituliskan dalam buku ini yang diharapkan dapat bermanfaat bagi penyelesaian skripsi.

Skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai tepat waktu dengan nilai yang baik, artinya skripsi ini harus dilalui dengan terencana, terschedule namun realistis. Sehingga ketika proses ini terselesaikan, anda dapat melanjutkan journey lainnya dalam hidup yaitu: mencari pekerjaan dan menikah.

Ada beberapa hal yang mungkin bisa di renungkan, untuk menyadari bahwa memulai skripsi dengan baik, terencana dan serius merupakan hal yang sangat mulia.

Pertama, selalu ingat kedua orang tua yang selalu ingin anda sukses, dan berharap anda suatu saat dapat membantu meringankan beban mereka. Kedua, selalu ingat kurva “bukit”, menaik hingga puncak dan menurun. Artinya, selalu jaga ritme anda kuliah dan skripsi, jangan sampai anda ada di fase puncak namun beberapa saat kemudian terjun bebas karena semangat yang menurun. Ketiga, nilai anda sebagai sebuah pribadi adalah ketika anda bisa berdiri sendiri menopang hidup anda dan keluarga dan atau calon pasangan anda.

Mari kita memulainya dengan lembaran baru, semangat baru dan mimpi baru.

Untuk mengawalinya, siapkan target anda! Yaitu “Lulus dengan usaha yang terbaik dan terukur.” Artinya anda akan memberikan sebuah usaha yang terbaik, yang terukur dengan kemampuan anda.

Terakhir, dalam perjalanan skripsi ini ada beberapa hal yang selalu harus anda ingat:

  1. Selalu berdoa dan meminta restu orang-orang terdekat anda terutama keluarga;
  2. Proses menjadi sangat penting dalam proses ini, sehingga nilai kejujuran sangat diutamakan;
  3. Tetap positif dan semangat;
  4. Selalu percaya diri;
  5. Lakukan dengan senang hati dan passion yang tinggi;
  6. Selalu melakukan manajemen stress dan memilih hari bebas melihat skripsi dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan;
  7. Jalin hubungan yang baik dan kooperatif dengan supervisor (pembimbing) dan
  8. Bangun kelompok belajar dan berdiskusi untuk sharing knowledge.

Ketika terkumpul semua semangat untuk mengerjakan skripsi, pertanyaan yang sering muncul adalah keahlian apa yang diperlukan untuk bisa menyelesaikan skripsi? Berikut adalah ringkasan tema-tema yang akan kita pelajari dalam buku ini yang merupakan hal-hal penting suksesnya pengerjaan skripsi, antara lain:

  1. Keahlian menemukan ide skripsi.
  2. Keahlian melakukan pencarian bahan pustaka (literature review) – Membaca, mengelompokannya (endnote), membuat ringkasan dan mensintesa.
  3. Kemampuan merencanakan penelitian dan menguji hipotesis.
  4. Kemampuan melakukan analisis ekonometrika (spss, eviews dan stata).
  5. Keahlian menulis akademik.
Dias Satria
Dias Satria
Dias Satria, Research field :Economic development, international trade, Banking and small/medium enterprise Email. dias.satria@gmail.com Mobile Phone. +62 81 333 828 319 Office Phone. +62 341 551 396

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *