Setting up Target!!! #30hari_skripsi (Tips Skripsi Mudah dan Cepat)

Getting started!!! #30hari_skripsi
January 5, 2015
Dondong videography
January 5, 2015
Show all

Target I

Pikir dan renungkan 3 hal penting sebelum memulai TA: Research focus, research gap dan research implications.

  1. Research focus
  • Apa fokus penelitian yang ingin di angkat dalam TA?
  1. Research gap
  • Apa perbedaan TA yang dilakukan dengan penelitian sebelumnya?
  1. Research implications
  • Apa kontribusi penelitian atau TA anda?
  • Apa “take home message” THM yang ingin diangkat dalam TA anda?

Research focus

Berikut ini merupakan salah satu contoh mengembangkan RF

  • Semisal bidang yang dipilih adalah tentang “pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Indonesia”.
  • Analisis diarahkan untuk meneliti faktor yang mempengaruhinya, semisal indikator makroekonomi (inflasi, Produk Domestik Bruto dan Suku Bunga).

 

Research gap

  • Ketika sudah memilih RF, maka pikirkan kembali apa RG yang ingin diangkat. Dan tanyakan kembali, “apa perbedaan TA yang dilakukan dengan penelitian sebelumnya?”
    1. Dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) maka pergerakan indeks saham di Negara-negara regional akan berpengaruh terhadap IHSG di dalam negri. Sehingga RG yang diangkat adalah melihat pengaruh indeks harga saham regional terhadap IHSG.
    2. Rentang waktu penelitian diambil sebelum dan sesudah terjadinya MEA. Sehingga akan didapat pengaruh yang signifikan dari adanya FTA (Free Trade agreement).

 

Research implications

  • Tanyakan kembali apa RI yang ingin anda kontribusikan. Seperti: Apa kontribusi penelitian atau TA anda? Apa “take home message” yang ingin diangkat dalam TA anda?
  • Kontribusi penelitian ini misalnya adalah pengembangan model ekonomi terkait prediksi movement “pasar saham”, sehingga bisa dapat menjadi early warning system bagi policy maker dalam memahami fluktuasi harga saham domestik.
  • Kontribusi juga bisa dimaknakan sebagai pengembangan model ekonomi yang sudah ada terkait IHSG. Dalam konteks ini TA anda memperkaya pengembangan model yang sudah ada saat ini dengan memasukan variabel-variabel penting yang belum dimasukan sebelumnya.
  • Hasil analisis ini diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat atas pengaruh pasar saham regional terhadap IHSG (Inilah yang disebut sebagai THM).

 

 

Target II

 

Lakukan pencarian bahan-bahan pustaka yang relevan.

 

  1. Pencarian bahan pustaka (BP) difokuskan pada penelitian terdahulu yang sama atau senada dengan RF yang diambil. Untuk melihat apakah bahan pustaka yang digunakan relevan atau tidak, langsung fokuskan (scanning) pada hal-hal berikut:
    1. Review apa rumusan masalah, tujuan dalam BP tersebut. Biasanya rumusan masalah dan tujuan ditemukan di bagian pendahuluan (chapter 1).
    2. Review model yang dikembangkan dalam penelitian tersebut. Identifikasi apa dependent dan independent variables yang digunakan. Sesuaikan dengan RF yang, biasanya RF senada dengan dependent variable dalam model yang dikembangkan.
  • Buat tabel (matrix) untuk BP yang dipilih, dengan items: no, nama peneliti, judul, model yang digunakan (termasuk variabel) dan hasil.
  1. Pencarian BP untuk mencari teori atau hubungan antar variabel berdasarkan grand theory yang ada. Acuannya adalah dengan mencari bahan pustaka yang digunakan pada penelitian-penelitian terdahulu.
    1. Fahami logika teori untuk menjelaskan hubungan antar variable, khususnya untuk melihat pengaruh dan signifikansi koefisien (positif dan negatif).
  2. Pencarian BP untuk memahami alat analisis (statistik dan ekonometrika) yang dipilih, semisal menggunakan: regresi berganda (ordinary least square atau OLS), Structural equation modeling atau Error correction modeling.

 

Target III

 

Penulisan Bagian Kajian Pustaka (KP) meliputi:

  1. Pendahuluan bagian KP

 

  1. Rencana penulisan sub-sub bab di KP

 

  • Penjelasan Grand theory sebagai framework penelitian yang digunakan
  1. Penjelasan terms yang digunakan

 

  1. Penelitian-penelitian terdahulu, melakukan sintesa atas variable yang digunakan di penelitian tersebut dan bagaimana modifikasi atau inovasi yang ingin ditampilkan terkait dengan pengembangan model.

 

Target IV

 

Penulisan Bagian Metode Penelitian

 

Target V

 

Penulisan Bagian Pendahuluan

 

  1. Statements about the field of research to provide the reader with a setting or context for the problem to be investigated and to claim its centrality or importance.
  2. More specific statements about the aspects of the problem already studied by other researchers.

 

Seminar proposal

 

 

“…Your first task when preparing to write a paper is to identify from your results a clearly connected story which leads to one or more take-home messages.” (page 21)

 

Target VI

Running data (statistic and econometric analysis)

 

 

Target VII

Bab Hasil dan pembahasan (Results and discussion)

  • Kumpulkan semua data dalam tabel dan grafik, fokus untuk menganalisis isi table dan grafik tersebut.
  • Untuk masing-masing tabel dan grafik, buatlah poin-poin (1-3 poin penting) untuk menghighlights informasi penting dalam tabel dan grafik tersebut.
  • Atur dan organisasikan poin-poin dan data (tabel dan grafik) agar terkoneksi satu dengan yang lain dengan urutan yang benar.
  • Kesimpulan untuk menampikan data dalam tabel dan grafik, antara lain:
    1. Fokus pada data mana yang relevan untuk ditampilkan dalam grafik dan tabel.
    2. Buat poin-poin penting dari data yang ditampilkan.
    3. Jelaskan apa take home message (THM) atau pesan penting atau informasi penting dari data yang ditampilkan.

 

Target VIII

Abstract

Dias Satria
Dias Satria
Dias Satria, Research field :Economic development, international trade, Banking and small/medium enterprise Email. dias.satria@gmail.com Mobile Phone. +62 81 333 828 319 Office Phone. +62 341 551 396

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *