Workshop PhD a’la kadarnya

Kredit Bank Tumbuh Tipis [Radar Malang]
June 22, 2015
Ide Penelitian
September 10, 2015
Show all

Studi PhD merupakan perjalanan akademik yang dinamis, yang membutuhkan skill yang lengkap menyangkut aspek akademik dan non-akademik. Dalam konteks akademik, seorang mahasiswa PhD sebaiknya memiliki pengetahuan dasar menulis (academic writing), penelitian, analisis serta kemampuan dasar membaca bahan pustaka dengan efektif dan efisien. Selanjutnya dalam konteks non-akademik, mahasiswa PhD harus memiliki kepercayaan diri yang kuat serta kemampuan soft-skills yang erat kaitannya dalam hubungan antar manusia (human relations).

PhD a’la kadarnya merupakan sebuah tulisan yang berisi tentang tips dan trik studi S3 di luar negri. Inspirasi penulisan buku ini sebagian besar didapatkan ketika saya studi S3 pada tahun 2011 hingga 2015 di University of Adelaide (South Australia). Selama studi, saya belajar dari pengalaman rekan-rekan “How to survive as a PhD student” dan mengikuti beberapa training yang disediakan kampus khusus untuk research students. Hal-hal inilah yang diharapkan dapat menjadi sebuah lesson learned bagi rekan-rekan yang ingin melanjutkan studi PhD di luar negri.

Ada beberapa hal umum yang saya amati dapat menjadi sebuah masalah dalam penyelesaian studi PhD, antara lain: a) tidak memahami sebuah proses/tahapan penelitian yang benar; b) tidak memahami bagaimana membuat sebuah research questions yang pas; c) tidak memahami teknik penulisan yang benar; d) tidak memahami alat-alat statistik dengan baik. Hal-hal inilah yang akan digali secara lebih sederhana, dengan tips/trik yang diharapkan dapat diimplementasikan ketika studi S3.

Namun sebelum kita membahas beberapa hal tersebut, hal yang patut kita cermati adalah bahwa proses studi PhD harus kita lewati dengan menyenangkan dan membekas baik. Ingatlah, bahwa studi PhD merupakan sebuah proses akademik yang dapat membawa kita pada sebuah kematangan berfikir sebagai seorang akademisi.

Terakhir, hal yang akan saya kupas dalam PhD a’la kadarnya, antara lain:

  • Strategi meraih beasiswa ke luar negri
  • Two-pages of research proposal (Introduction, Literature Review dan Methods)
  • Brief introduction about academic writing and publications (International Journal)
  • Correspondence with supervisor
  • Research proposal, CCSP and Annual review
  • Ready for field trip (Survey lapangan)
  • Data Management
  • Statistical tools
  • Other tricks: Nvivo, STATA, SEM, EndNote, Word Etc.

 

Selamat bergabung, dan semoga cita-cita untuk meraih PhD bisa anda rasakan dan jalani dengan baik.

 

Regards

Dias Satria

BOX-PHD

 

 

Dias Satria
Dias Satria
Dias Satria, Research field :Economic development, international trade, Banking and small/medium enterprise Email. dias.satria@gmail.com Mobile Phone. +62 81 333 828 319 Office Phone. +62 341 551 396

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *